Simulasi Kesiapsiagaan PMI dalam Menghadapi PEMILU 2019

Jakarta (25/3) — Konflik Sosial merupakan bagian dari bencana sosial, termasuk aksi teror/sabotase. Konflik sosial dimaknai sebagai suatu kondisi dimana terjadi huruhara/kerusuhan atau perang atau keadaan yang tidak aman di suatu daerah tertentu yang melibatkan lapisan masyarakat, golongan, suku, ataupun organisasi tertentu. Indonesia pada tahun ini menyelenggarakan perhelatan besar PEMILU (Pemilihan Umum) Presiden/Wakil Presiden RI, DPD. Potensi konflik dapat muncul karena berbagai sebab antara lain; penyelesaian kasus hukum yang tidak transparan dan tidak adil, perebutan sumber daya alam, masalah sengketa lahan, masalah budaya, SARA, ketidakadilan, ketimpangan sosial atau pun kebijakan yang tidak mendukung politik.

Palang Merah Indonesia sebagai perhimpunan/organisasi yang bertujuan meringankan beban penden’taan sesama manusia dengan tidak membedakan agama, suku, bangsa, golongan, wama kulit, dan jenis kelamin, sampai saat ini masih terus membantu pemerintah dalam meringankan penderitaan masyarakat yang terkena musibah maupun bencana.

PMI yang mempunyai tugas salah satunya pelayanan kesehatan adalah memberikan bantuan pelayanan ambulans dan pelayanan medis lainnya disaat damai maupun disaat bencana atau terjadinya kejadian luar biasa. Dalam hat ini, PMI mengantisipasi gangguan kesehatan pada perhelatan pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019. PMI juga melakukan pelayanan yaitu siaga ambulans di titik rawan pada saat kampanye, hari pemilihan dan perhitungan hasil pemilihan. PMI selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti kepolisian, dinas kesehatan, badan penanggulangan bencana dalam menjalankan setiap tugas-tugasnya, termasuk siaga ambulans pemilu.

Untuk mendukung kesiapsiagaan pelayanan ambulans PMI, dalam menghadapi PEMILU 2019 PMI Provinsi DKI Jakarta melakukan simulasi pelayanan kesehatan dasar darurat untuk meningkatkan keterampilan para petugas ambulans PMI dan sukarelawan yang bertugas.

Simulasi tersebut dihadiri oleh unsur PMI, ICRC (International Committee of The Red Cross), IFRC (International Federation of Red Cross), KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Provinsi DKI Jakarta, BAWASLU (Badan Pengawas Pemilihan Umum), Kepolisian Republik Indonesia, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Baden Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta d1 lapangan Monas.