RSGM FKG Trisakti Telah Terakreditasi Paripurna Oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)

Journaljakarta.co.id,Jakarta –Salah satu persyaratan menjadi RSGM-P adalah RSGM terlah terakreditasi paripurna oleh komisi akreditasi rumah sakit (KARS),”

Hal ini disampaikan Direktur RSGM drg. Marta Juslily diacara penyerahan sertifikat RAGAM  E FKG Trisakti Terakreditasi  D paripurna oleh KARS di uversitas Trisakti, Rabu 19 September 2018

Dengan demikian RSGM FKG Trisakti tersebut telah memiliki kekuatan hukum dalam melaksanakan pendidikan klinik bagi para peserta didik.  “Seperti yaitu Koas, Residen PPDGS (Program Profesi Dokter Gigi Spesialis) dan pendidikan kesehatan lainnya,” sebut Marta.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi (RSGM FKG) Universitas Trisakti meraih akreditasi paripurna, Rabu 19 September 2018. Dengan itu, Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) menyatakan RSGM Trisakti merupakan peraih predikat akreditasi paripurna pertama versi Edisi I di Indonesia.

“RSGM Trisakti merupakan RSGM pertama di Indonesia yang mendapatkan predikat akreditasi paripurna SNARS edisi 1,” kata Marta.

Pada saat ini, terdapat 34 rumah sakit gigi dan mulut yang terdiri dari 30 RSGM pendidikan. Baik di bawah FKG maupun Pemda (Pemerintah Daerah), dan 4 RSGM pemerintah.

Saat ini baru 6 RSGM yang sudah terakreditasi paripurna, namun masih akreditasi versi 2012. “Alhamdulillah berkat bimbingan dan kerja sama dari semua pihak maka RSGM FKG Trisakti menambah jumlah RSGM yang terakreditasi paripurna,” ujar Marta.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti siap bertransformasi menjadi RSGM Pendidikan.  Setelah pada hari ini, RSGM FKG Trisakti mendapat prestasi tertinggi, yakni Akreditasi Paripurna dari Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS).

RSGM FKG Trisakti sesegera mungkin memproses syarat-syarat untuk mendapatkan statusnya sebagai Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P). Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, mewajibkan setiap RSGM yang menerima peserta didik untuk menjadi RSGM pendidikan.

Perjalanan sejarah akreditasi RSGM FKG Usakti 

Persiapan akreditasi RSGM FKG Usakti ini secam intens telah dimulai sejak 1 tahun yang lalu. Diawali dengan mengirimkan staf-staf RSGM untuk workshop, pelatihan dan bimbingan untuk materi akreditasi baik in house training maupun eksternal training. Kegiatan Bimbingan akreditasi dengan para asesor KARS dilakukan 1 x di bulan Agustus tahun 2017 dan kemudian dilanjutkan bimbingan internal oleh asesor KARS  Dra. Nilawati ,MM dengan total 7 x pertemuan yaitu 4 x survei simulasi, Gladi kotor, Gladi Bersih, dan Gladi Posko. Akreditasi RSGM ini didukung oleh 117 staf Medis dan 57 tenaga keperawatan, tenaga kesehatan lain dan staf administrasi.

Prestasi tertinggi yang diraih RSGM FKG Usakti yaitu pencapaian terakreditasi Paripurna tentunya diperoleh melalui perjuangan Panjang dan tidak mengenal lelah dari masa persiapan sampai dengan pelaksanaan survei pada tanggal 31 juli sampai dengan 3 agustus 2018. Capaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh civitas Universitas Trisakti, RSGM FKG Usakti, seluruh mitra kerjasamanya. Oleh karena keberhasilan ini tak lepas dari kerjasama yang baik dari seluruh mitra RSGM FKG Usakti yang turut memberikan dukungannya dalam berbagai bentuk perjanjian kerjasama yang antara lain dengan Fakultas Kedokteran Gigi yang menempatkan peserta didiknya baik program profesi dan program pendidikan dokter gigi spesialis konservasi, Poltekkes Jakarta II dan Poltekkes Tanjung Karang, Rumah Sakit Sumber Waras, Rumah Sakit Royal Tamma, Rumah Sakit Tarakan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Sudinkes Jakarta Barat, Laboratorium Prodia, PT Jalan HIjau, Pusat Medis Trisakti, para dental supplier, para perusahaan Farmasi dan alat kesehatan serta semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.