Sambut 1 Muharram, Keluarga Besar Pesona Bateh Gelar Tabligh Akbar

Journaljakarta.co.id, Jakarta –Keluarga Besar Pesona Bateh menggelar tabligh akbar dalam rangka menyambut Tahun baru Islam dan dalam rangka menjalin tali silahturahmi  antara keluarga dirantau dengan saudara di kampung khususnya warga pesona batipuah ateh. Mengambil tempat di anjungan Sumbar TMII ,acara berlangsung meriah dan dihadiri ratusan warga rantau pesona Bateh yang berada di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya dan pejabat dari kabupaten tanah datar yang diwakili oleh asisten 1 bupati Tanah Datar, Wali nagari beserta stafnya 4 kepala Jurong, ketua HKB,Tokoh masyarakat pesona bateh, Camat batipuah,  Bprn dan pejabat lainya para caleg2 yg berasal dari ranah.
Asisten satu Bupati Tanah datar Muchlis mengatakan bahwa salah satu tujuan silahtuhrami antara lain melihat sejauh mana perantau yang ada di tanah rantau dan menginformasikan pelaksanaan pembangunan yang sudah dicapai di kampung nagari yang ditinggalkan.
“Masing-masing  nagari mempunyai perkumpulannya sendiri, dengan di fasilitasi pengurus dan jajaran perangkat nagari mereka minimal setiap tahun mengadakan acara silahturahmi, adapun tujuan dari silahturahmi itu untuk melihat sejauh mana perkembangan masyarakat perantau baik di Jakarta maupun diluar Jakarta serta menginformasikan pelaksanaan pembangunan di nagari yang ditinggalkan” ujar Muchlis
Adapun mampaat lain dari pertemuan ini dari segi bantuan finansial berupa peduli sosial
Dimana kita saling menyantuni baik yg sakit mau pun keluarga yg meninggal..
Tabligh akbar Pesona Bateh ternyata program tahunan keluarga besar pesona Bateh yang selalu rutin dilaksanakan, hal ini disampaikan ketua wali nagari Dt Sinaro Alam.Nan Putiah
“Tablig Pesona Bateh..Merupakan program tahunan yg selalu dilaksanakan.Ini yang ke 3
Yg pertama dilaksanakan di Darulaitem tanah abang. Yang ke kedua di TMII Dan yg ketiga juga di anjungan Sumbar TMII,” ujarnya dt Sinaro Alam. Nan Putiah.
Adapun tujuan acara ini disamping menambah khasanah Ilmu agama warga pesona ateh , selain itu merupakan ajang silaturahmi warga..Dan peduli sosial..terhadap warga yg berada di rantau maupun yg berada di kampung.,tambah wali nagari batuih Ate.
Sementara itu ketua umum HKB  H. Zulfahmi Kt Panduko Sinaro sangat mengapreasiasi kegiatan tabligh Akbar yang di gelar jajaran pesona Bateh dan menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun.
“Saya atas nama ketua HKB,sangat bangga atas diselenggarakannya tabligh Akbar ini berkat pikiran yang sangat jenius dari jajaran pesona Bateh dan saya sangat bangga jajaran pesona Bateh dapat menghadirkan wali nagari dan empat kepala Jurong,” ujarnya .H Zulfahmi Kt Panduko Sinaro
Harapan Ketua Umum Himpunan Keluarga besar Bateh (HKB)  H.Zulfahmi Kt Panduko Sinaro
semoga kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun dan lebih besar lagi.
Tokoh masyarakat dari pesona Bateh Dt Rangkai Muliae (komisaris besar hotel Menteng Group ?)melihat potensi pariwisata di batipuah Ateh sangat menjanjikan, disamping alamnya yang menakjubkan ,budaya yang khas serta souvenir dan kuliner yang enak.
Ketua panitia Nasrial mengatakan bahwa kita  saling menyantuni baik yg sakit mau pun keluarga yg meninggal..dalam organisasi pesona bateh (peduli sosial anak nagari )
“Selalu menjung tinggi kekeluargaan dan gotong royong,” ujarnya..
Karena dalam jeluarga besar minang kabau sumatera barat..yg diutamakan mushawarah dalam setiap kegiatan sehingga  dlm pelaksanaan acara seperti ini kita tdk terlalu berat dalam pendanaan, ” ungkap Nasrial.
Dan kita jg menampilkan  tradisi dari kampuang makan masih bungkuih Jo daun, Lanang Jo tapai
serta makanan tradisional lainnya, pungkasnya.