Dirjen PSLB3 Melakukan Pendampingan Penyusunan Jakstrada Propinsi Dan Kabupaten/Kota Di Wilayah Kalimantan

,Jakarta –Secara nasional target pencapaian penyelenggaraan Jakstranas mengatakan diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30 persen, dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Hal ini dikatakan oleh Rosa Vivien Ratnawati Dirjen PSLB3 Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) di dalam sambutan pembukaan kegiatan pendampingan penyusunan Jakstrada propinsi dan Kabupaten/ Kota se-Kalimantan ,, bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta . (22/5) Hadir juga Novrizal Tahar, ST, Msi. Direktur Pengelolaan Sampah.

Bagaimana daerah melakukan perencanaan, pengolahan dan pengurangan sampah harus masuk dalam Jakstrada dan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), tambahnya

Selanjutnya Rosa mengatakan untuk mencapai target ini, pemerintah daerah harus menyusun Dokumen Jakstrada (Kebijakan Strategi Daerah) dalam kurun waktu enam bulan untuk pemerintah daerah provinsi dan satu tahun untuk pemerintah daerah kabupaten/kota,

Paradigma penting dalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017 tentang Jakstranas Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga ini adalah konsep pengurangan sampah di sumbernya sebesar 30 persen pada 2025. Hal ini menunjukkan tekad yang sangat kuat untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampahnya melalui perubahan perilaku dan budaya masyarakat Indonesia.

KLHK menggelar Penyusunan Kebiijakan Dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga yang ditargetkan dihadiri seluruh Kepala Dinas KLH , Bapeda dan perwakilan Kementerian/Lembaga. Perpres Nomor 97 Tahun 2017 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HPSN 2018 melalui program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang dilaksanakan diseluruh Indonesia.( Budi)